Melawan Rasa Malas Demi Prestasi

Bookmark and Share

Melawan Rasa Malas Demi Prestasi
Melawan Rasa Malas Demi Prestasi-Sebagai seorang manusia yang ingin hidup bahagia di masa depan, belajar merupakan kegiatan utama yang harus dijalani, untuk menggapai cita-cita yang kamu inginkan sejak lama. Tetapi sebelum mencapai semua itu pasti kita pernah merasakan malas belajar ketika kamu sedang dalam masa masa belajar, entah karena letih belajar berjam jam, entah karena lingkungan belajar yang tidak mendukung atau keinginan bermain terus.

Oleh karena itu kamu harus memerangi rasa malas itu dengan cara seperti berikut:
-Catat semua yang ingin kamu raih   
Tuliskan semua cita-cita dan keinginan yang ingin dicapai dalam selembar kertas, kemudian  tempelkan kertas tersebut di tempat yang paling sering kamu lihat. Jika rasa malas itu tiba-tiba datang menyerang, tinggal membaca apa yang telah kamu buat dan kamu pajang tersebut, lalu hayalkan dalam pikiran betapa senangnya hidup jika dapat meraihnya. Namun juga harus diingat ketika membacanya kamu tidak hanya sekedar membaca tapi itu semua harus dipahami dan tanamkan dalam hati kalau pasti bisa meraihnya suatu saat kelak, sehingga bisa menjadi kebanggan bagi keluarga kelak.

Bayangkan ketika kita berhasil meraih cita-cita yang telah diimpikan, secara otomatis akan membuat orang-orang di sekitar kita (seperti orang tua, saudara, dan kawan-kawan) merasa bahagia dan bangga terhadap apa yang telah kamu raih. Namun sebaliknya, bayangkan juga ketika kita gagal meraih cita-cita, tentu membuat mereka semua sedih, kecewa, dan sebagainya. Dengan begitu, sifat malas belajar yang tiba-tiba datang itu akan hilang dengan sendirinya seiring dengan  meningkatkan motivasi untuk meraih cita-cita demi kebahagiaan orang-orang di sekitar kamu.

-Ubah suasana tempat belajar  
Sifat malas belajar juga dapat disebabkan karena perasaan bosan atau jenuh dengan suasana tempat belajar. Solusi lainnya juga dapat mengganti suasana tempat belajar tersebut dengan mengubah posisi meja belajar, atau mengubah posisi barang barang yang ada di tempat belajar (kamar) kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengecat ulang dinding kamar agar tercipta suasana yang baru. Jika perasaan malas tersebut belum juga hilang juga, kamu bisa berpindah tempat belajar. Misalnya, jika terbiasa belajar di dalam kamar, coba pindah ke ruang tamu atau ke ruang tengah. Kamu juga bisa berpindah tempat belajar ke perpustakaan atau ke taman. Dengan begitu, sifat malas belajar yang datang dapat teratasi karena hilangnya perasaan bosan atau jenuh dengan suasana tempat belajar.

-Ganti suasana belajar  
Rasa malas juga dapat disebabkan oleh suasana belajar yang tak pernah berganti. Misalnya, terlalu tegang atau terlalu serius dalam belajar. Untuk mengatasinya, dapat membuat suasana belajar yang baru dengan mendengarkan musik-musik yang tidak mengganggu atau belajar sambil diselingi menonton TV. Namun demikian, belajar sambil mendengarkan musik atau menonton TV akan berisiko pada terganggunya konsentrasi belajar . Tetapi hal itu tidak akan menjadi masalah apabila kamu  mampu membagi waktu. Dengan begitu rasa malas belajar dapat teratasi karena berkurangnya rasa jenuh akibat suasana belajar yang tak pernah berganti.

-Ubah cara belajar     
Rasa malas belajar juga dapat disebabkan oleh cara belajar yang membosankan. Untuk mengatasinya, kamu harus mengganti cara belajar yang kamu lakukan selama ini. Jika kamu terbiasa belajar dengan membaca buku, cobalah menggantinya dengan belajar menggunakan media internet. Jika terbiasa belajar dengan mendengarkan penjelasan guru, cobalah menggantinya dengan berperan menjadi guru yang menjelaskan pelajaran kepada teman-teman di dalam kelas.

-Cobalah belajar kelompok  
Solusi lain mengatasi malas adalah belajar kelompok. Namun perlu diperhatikan, dalam belajar kelompok pilihlah anggota kelompok yang memiliki minat belajar tinggi. Jangan memilih anggota kelompok yang bisa mengajak kamu untuk tidak berkonsentrasi belajar. Hal ini dilakukan agar kamu dapat mengatasi rasa malas yang datang tersebut. Dengan belajar kelompok bersama teman-teman yang memiliki minat belajar tinggi, secara tidak langsung kamu juga akan termotivasi untuk tidak malas belajar.  Dengan begitu, perasaan malas belajar tersebut akan teratasi dengan belajar kelompok bersama teman-teman yang memiliki motivasi belajar tinggi.

-Mendekatkan diri kepada Allah
Cara ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi rasa malas belajar. Rasa malas belajar muncul dari dalam diri. Jika kita menyadaribahwa ilmu dan kekuatan berasal dari Allah, maka rasa malas belajar tersebut dapat diatasi dengan mudah. Kamu hanya perlu bersungguh-sungguh dalam berdoa supaya tuhan menghilangkan rasa malas belajar dari dalam diri kamu. Setelah itu, kamu cukup memberikan semangat dalam diri kamu agar kembali muncul semangat belajar yang tinggi. Dan jangan lupa, sebelum belajar bacalah doa terlebih dahulu, kemudian ucapkan syukur apabila telah selesai belajar.

Itulah  beberapa tips untuk menghilangkan rasa malas belajar. Oleh sebab itu seharusnya kita menyadari kalau rasa malas itu datang dari diri kita sendiri dan bisa saja menular adri orang lain, rasa malas itu juga bisa kita buang jika kita mau mencoba untuk mengalahkannya.

Melawan Rasa Malas Demi Prestasi- CINDY PUJI LESTARI

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar